Sunday, August 25, 2013

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat Jaringan Komputer

Bicara masalah jaringan komputer, apa sih keuntungannya? Banyak, tapi pada prinsipnya keberadaan jaringan komputer memungkinkan kita untuk berbagi data dan informasi secara lebih mudah dan cepat. Untuk memberikan ulasan yang lebih jelas, berikut dapat dipaparkan keuntungan dari adanya sistem jaringan komputer.

Mempermudah Komunikasi

Komunikasi memiliki peran penting dalam menunjang pelaksanaan kerja. Pada lingkungan kerja yang mempunyai struktur organisasi yang jelas, komunikasi dapat dibedakan menjadi dua yakni top down communication (komunikasi dari atas ke bawah) dan bottom up communication (komunikasi dari bawah ke atas). Komunikasi dari atas ke bawah dimaksudkan proses penyampaian informasi dari pimpinan kepada bawahan. Sementara komunikasi dari bawah ke atas merupakan proses penyampaian informasi dari bawah ke atas.
Berbeda kondisinya apabila tim kerja tersebut dilengkapi dengan sistem jaringan komputer dalam melaksanakan pekerjaannya. Adanya sistem jaringan komputer memungkinkan masing-masing anggota tim untuk bisa saling berkomunikasi via chatting menggunakan software instant message tertentu. Jika jaringan komputer dilengkapi dengan jaringan internet, maka hal tersebut akan lebih memudahkan proses komunikasi, karena setiap anggota tim kerja bisa saling berkomunikasi menggunakan software instant message yang bersifat online, seperti Yahoo Messenger, Gtalk, eBuddy, dan lain sebagainya. Namun apabila tidak, maka bisa menggunakan software instant messenger yang bersifat offline atau hanya berfungsi dalam jaringan komputer saja, seperti WinChat, Net Send, dan FomineNet. Komunikasi yang lancar bisa berpengaruh pada kecepatan kerja.

Mempermudah Sharing Data

Nah, bayangkan apabila proses pengiriman data tersebut harus melalui media penyimpanan data eksternal seperti USB flashdisk, hard disk eksternal, CD atau DVD, SD card, dan lain sebagainya. Hal tersebut jelas tidak praktis dan membuang waktu cukup banyak. Selain itu, proses pengiriman data tersebut bisa jadi justru mengganggu dan menghambat produktivitas kerja.
Keberadaan sistem jaringan komputer bisa mempermudah proses pengiriman data dari komputer satu ke komputer lain, karena sharing data sangat dimungkinkan. Dengan adanya jaringan LAN (Local Area Network), komputer yang bertindak sebagai server akan tersambung ke beberapa komputer yang bertindak sebagai client. Meskipun demikian, komputer yang berstatus client juga bisa saling terkoneksi.

Mempermudah Proses Pencetakan File

Selain sharing data, sistem jaringan komputer juga memungkinkan sharing peralatan penunjang seperti printer, scanner, dan lainnya. Jadi, penyediaan peralatan penunjang tersebut tidak perlu sesuai dengan jumlah komputer yang digunakan. Artinya, satu printer dan scanner bisa digunakan untuk beberapa komputer sekaligus. Sangat efektif dan efisien.
Keberadaan sistem jaringan komputer memang memiliki banyak keuntungan. Namun, di sisi lain juga memiliki kelemahan yang merugikan. Salah satunya adalah mudahnya penyebaran virus dan program-program jahat lain yang berpotensi mengganggu kinerja komputer bahkan merusaknya. Jika salah satu komputer terinfeksi virus, maka dalam waktu singkat virus tersebut juga akan menjangkiti komputer lain yang terkoneksi dalam satu jaringan. Meskipun demikian, kalian tidak perlu khawatir, karena serangan virus bisa dibasmi dengan software antivirus yang banyak beredar baik bersifat gratisan maupun berbayar.
Jadi, jika suatu saat nanti bisnis freelance Anda sudah semakin besar, manfaatkan jaringan komputer kayak perusahaan besar gitu ;)
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :

1. Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.

2. Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.

3. Integrasi Data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya.

4. Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama.

5. Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.

6. Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. - See more at: http://student-brains.blogspot.com/2013/06/pengertian-jaringan-komputer-dan.html#chitika_close_button

No comments:

Post a Comment